PUSDATIN

PENGELOLA DATA SIARAN

Teknologi SPRINT RRI Perkuat Kanal Digital

Teknologi SPRINT RRI Perkuat Kanal Digital

15-Sep-2020    Jakarta    Dwi Indra Zakaria, S.Kom

Penguatan kanal digital RRI saat ini semakin diperkaya dengan teknologi SPRINT (Sistem Pelacak Ragam Informasi News Terbaru) sebagaimana yang diperkenalkan Direktur Utama RRI, M Rohanudin. 

Perangkat ini merupakan bagian dari teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence) yang dikembangkan RRI.

"Sepanjang tahun RRI membangun teknologi artificial intelligence, suatu teknologi babak baru berbasis big data," jelas M. Rohanudin saat berbicara dalam peringatan Hari Radio yang juga HUT RRI, Jumat (11/9/2020). 

"RRI memang punya dokumentasi penting mulai dari data berita, sejarah, dan masa silam yang mungkin tercecer dimana-mana. Itu kekayaan yang luar biasa dahsyatnya karena RRI lahir dari rahim Ibu pertiwi sejak Indonesia Merdeka 24 hari setelah Proklamasi dikumandangkan Soekarno dari Pegangsaan Timur No.56 Jakarta," ungkap Rohanudin."Artificial Intelligence RRI diberi nama SPRINT (Sistem Pelacak Ragam Informasi News Terbaru) selain memiliki kecerdasan digital sekaligus bisa digunakan sebagai alat analisis sebaran pendengar RRI seluruh Indonesia,"  tambahnya lagi."Media berbasis big data akan memiliki keunggulan yang presisi dan dicari publik. Semua ekspresi pemberitaan RRI akan selalu diartikulasikan lewat kekayaan data yang pada saatnya akan membangun diferensiasi yang kuat, kepercayaan publik pada mainstream RRI akan semakin menggairahkan," tegasnya. 

Menurut Rohanudin, ini merupakan solusi keberpihakan RRI kepada masyarakat melalui versi digitalisasi RRI agar meraih kemanfaatan bagi publik yang sebanyak-banyaknya.

 

Sumber : rri.co.id