PUSDATIN

PENGELOLA DATA SIARAN

 Launching RRI SPRINT, Lompatan Revolusi Digitalisasi

Launching RRI SPRINT, Lompatan Revolusi Digitalisasi

17-Mar-2021    Jakarta    Tiara Renatasia, S.Kom

KBRN, Jakarta: Launching RRI SPRINT berlangsung hari Rabu (10/3/2021).

"Hari ini adalah hari bersejarah bagi digitalisasi RRI, adalah lompatan revolusi digitalisasi 4.0 menuju 5.0 suatu keadaan dimana teknologi secara cepat dan cerdas memberikan pelayanan apa yang publik minta, inilah Artificial Intelligence kecerdasan buatan RRI yang diberi judul SPRINT (Sistem Pelacak Ragam Informasi News Terkini)," ucap Rohanudin saat launching RRI SPRINT di Auditorium Yusuf Ronodipuro.

Rohanudin menambahkan, RRI SPRINT merupakan pijakan pertama bagi kekayaan data digital jurnalistik RRI, kecerdasan dan kekayaannya akan dirasakan lima sampai sepuluh tahun mendatang. 

"Yang membedakan dengan google bahwa semua big data AI RRI SPRINT di input oleh para jurnalis RRI yang dijamin kebenaran dan akurasi beritanya. Inilah perjuangan jatuh bangun meningkatkan public trust pada media mainstream yang sepanjang 10 tahun terakhir mengalami pasang surut kepercayaan publik karena hoax dan disruption terus mendistorsi seluruh peradaban di abad digitalisasi ini." tandasnya.

SPRINT memuat big data jurnalistik, diperkuat dengan news indepth lengkap dengan Info Grafisnya, analytics real time sebaran pendengar digital RRI se-dunia.

Rohanudin menegaskan, perjalanan SPRINT RRI akan terus bertumbuh. Satuan kerja RRI seluruh Indonesia saat ini sedang bekerja secara manual memasukkan data-data siaran keragaman budaya Indonesia, kekayaan

legendaris piringan hitam yang sekarang sedang di restorasi menjadi big data digital, drama radio Butir-Butir Pasir Di Laut yang sekarang sedang di-film-kan, dan semua data-data siaran RRI yang nilai serta manfaatnya sangat besar bagi perjalanan penyairan radio di Indonesia.

"Komitmen kami, RRI akan terus hadir dalam ke-Indonesiaan dan pluralisme yang beragam. Indonesia begitu indah, dipisahpisahkan oleh lautan tapi juga dipersatuan oleh lautan," tambahnya.