PUSDATIN

PENGELOLA DATA SIARAN

'Butir-butir Pasir di Laut' Tayang Secara Visual

'Butir-butir Pasir di Laut' Tayang Secara Visual

18-Apr-2021    Jakarta    Tiara Renatasia, S.Kom

KBRN, Jakarta: Radio Republik Indonesia (RRI) bekerja sama dengan PT. Verona Pictures resmi mempublikasikan Sinetron 'Butir-butir Pasir di Laut'.  Drama seri tersebut akan ditayangkan secara audio visual melalui aplikasi streaming We TV dan Iflix.

"Saya bangga, tahun 1972 lahir drama radio butir-butir pasir di laut meledak  di seluruh Indonesia," ujarnya di Auditorium Yusuf Ronodipuro RRI, Selasa (6/4/2021).

Direktur Utama LPP RRI M.Rohanudin mengatakan, bahwa drama radio 'Butir-butir Pasir di Laut' fenomenal kala itu di seluruh Idonesia dalam waktu bertahun-tahun, dan berharap launching sinetron ini akan sama rohnya dengan drama radio RRI. 

"Tidak lebih dari bertahun-tahun drama radio 'Butir-butir Pasir di Laut' meledak di seluruh Indonesia," kata M. Rohanudin dalam acara Launching Drama Seri 'Butir-butir Pasir di Laut' di Auditorium Abdulrahman Saleh RRI, Jakarta, Selasa (6/4/2021). 

Sementara itu, Direktur Program dan Produksi LPP RRI Soleman Yusuf menyebut, drama 'Butir-butir Pasir di Laut' memiliki pesan moral tersendiri khususnya pada generasi milenial. 

"Kini dengan ditayangkannya dalam bentuk audio visual, drama radio ini mengisi kerinduan masyarakat pada zamannya sekaligus memperkenalkan kepada generasi milenial akan drama fenomenal ini, yang membawa pesan moral kemanusiaan dan kebangsaan," 

Sandiwara radio 'Butir-butir Pasir di Laut memang tak asing di telinga pendengar radio, khususnya RRI. Sejak disiarkan pada tanggal 22 Februari 1972, drama ini langsung disukai oleh banyak pendengar. 

Inilah yang menjadi alasan ketertarikan Production House PT Verona Indah Pictures untuk mengangkat 'Butir-butir Pasir di Laut' menjadi tontonan yang dapat disaksikan masyarakat. 

"Sandiwara radio 'Butir-butir Pasir di Laut merupakan serial yang sangat populer pada masanya. Verona Pictures ingin membawa kembali nostalgia tersebut ke dalam format kekinian dengan media digital," kata Direktur Utama PT Verona Indah Pictures, Titin Suryani. 

Fenomena sandiwara radio 'Butir-butir Pasir di Laut' memang sangat familiar di telinga pendengar RRI. Tak heran bila sandiwara radio ini diproduksi lebih dari 5.700 episode dan pernah mendapatkan penghargaan sebagai sandiwara radio terbaik dari UNESCO yang menempatkan drama ini menjadi yang ditunggu-tunggu setiap hari selama 15 tahun. 

LPP RRI, saat ini didukung 106 stasiun RRI di seluruh Indonesia dan didengar sebanyak 47 juta pendengar berdasarkan data AC Nielsen. Drama Radio Butir Butir Pasir di Laut ini telah mendapatkan hak cipta dari Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta atas karyanya menciptakan Karya Siaran Media Radio, bekerjasama dengan WeTV Indonesia dan PT Verona Indah Pictures untuk membuat drama seri radio fenomenal ini.