Pusat Data dan Informasi Siaran RRI -

Madiun

  Home | Hubungi Kami
    Search  
Kategori Dokumen
LEMBAGA
KERTAS
FOTO
AUDIO
VIDEO
  Info Pusdatin - RRI Madiun  
 
 
 
Presiden Jokowi Serahkan Ribuan Sertifikat Program Prona di Madiun
(Madiun, 06/11/2017)
KBRN, Madiun: Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo menyerahkan ribuan sertifikat tanah program Proyek Operasi Nasional Agraria (Prona), bagi masyarakat se-karesidenan Madiun. Sertifikat diserahkan presiden dalam kunjungan kerjanya di Pusat Pemerintahan (Puspem) Kabupaten Madiun di Mejayan, Senin (6/11/2017).

Presiden Jokowi dalam sambutannya mengatakan terbitnya sertifikat tanah merupakan bukti yang sah dan legalitas yang dimiliki seluruh masyarakat yang memiliki tanah di Indonesia.

Menurut Presiden, saat ini pemerintah pusat terus mempercepat penerbitan sertifikat tanah, sehingga masalah yang banyak dihadapi di Indonesia yaitu sengketa tanah semakin berkurang.

“Seperti itu dimana-mana keluhannya sama, sengketa tanah. Saya ke desa, ke daerah, ke kampung keluhannya seperti itu. Karena apa, masyarakat belum pegang sertifikat. Ini adalah hak hukum, tanda bukti atas tanah yang saudara-saudara miliki. Kita harapkan dengan semuanya pegang sertifikat, tidak ada lagi yang namanya sengketa,” ungkap Presiden Jokowi, Senin (6/11/2017).

Dijelaskan pada tahun 2017 pemerintah pusat menargetkan Badan Pertanahan Nasional (BPN) dapat menerbitkan lima juta sertifikat prona di Indonesia, tahun 2018 tujuh juta sertifikat dan tahun 2019 ada sembilan juta sertifikat.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Joko Widodo juga memanggil warga perwakilan dari daerah masing- masing yang berprofesi sebagai petani jagung, padi, petani jati nusantara, petani melon dan pemiliki warung. Setelah melakukan tanya jawab, orang nomor satu di Indonesia tersebut memberikan sepeda.

Sementara itu, Menteri Agraria dan Tata Ruang Kepala Badan Pertanahan Nasional, Sofyan Djalil mengatakan pemberian sertifikat prona atau sertifikat massal gratis merupakan bentuk perhatian pemerintah kepada masyarakat.

Sesuai data, dari 8.950 sertifikat program prona yang di berikan, 5000 diantaranya untuk masyarakat Kabupaten Madiun, 200 sertifikat masyarakat Kota Madiun, 2500 untuk Kabupaten Ngawi, 1.000 masyarakat Kabupaten Ponorogo dan 250 sertifikat untuk masyarakat di Kabupaten Magetan. (KR/EW)
 
 
 
Index
 
 
Copyright © 2011-2014, All Right Reserved