Pusat Data dan Informasi Siaran RRI -

Bandung

  Home | Hubungi Kami
    Search  
Kategori Dokumen
KERTAS
VIDEO
FOTO
AUDIO
  Info Pusdatin - RRI Bandung  
 
 
 
Peluncuran Siaran Digdaya Bangsa Tampilkan Kolaborasi Musik Tradisional dan Modern
(Bandung, 13/11/2017)
Pusdatin, Bandung : Sembilan puluh siswa/siswi yang tergabung dalam tim kesenian SMKN 3 Bandung menyajikan kolaborasi musik modern dan tradisional dipeluncuran siaran perdana Digdaya Bangsa, Kamis 9 November 2017. Mereka memainkan alat musik angklung, degung dan band modern pada pagelaran yang berlangsung selama kurang lebih 50 menit. Lagu Ekspresi, Laskar Pelangi, Bendera dan Manuk Dadali diramu sedemikian apik, sehingga terdengar begitu indah ditelinga.

Pelatih tim kesenian SMKN 3 Bandung, Dida yang juga Guru Seni Budaya menuturkan bahwa anak didiknya berlatih intensif selama 2 minggu, setelah mengetahui sekolahnya dipercaya menjadi tuan rumah pada peluncuran siaran perdana Digdaya Bangsa.

Dida juga menjelaskan kalau yang tampil adalah siswa-siswi kelas 10 dan 11 yang mengikuti ektrakulikuler kesenian. "Saya tidak mengalami kesulitan yang berarti dalam mendidik mereka untuk bisa memainkan alat musik tradisional dan modern, yang kemudian dikolaborasikan dalam mengiringi lagu-lagu pop" ujar Dida

"Siswa-siswi awalnya dikenalkan dengan tradisi , kemudian diberi wawasan yang lebih luas tentang musik nusantara, sehingga siswa-siswi menjadi tertarik dan bersemangat untuk berlatih memainkan alat musik tradisional dan modern" tambah Dida saat ditemui tim Pusdatin seusai pagelaran.

Selain tim kesenian SMKN 3 Bandung sebagai pengisi acara, tampil juga sketsa 6 menit yang dipesembahkan teater Jebew 08 dari SMAN 8 Bandung, pembacaan deklamasi surat untuk Sutomo dari ayahnya, testimoni siswa pelopor pengamal Pancasila serta orasi sekaligus uraian narasumber dari Dinas pendidikan dan Olahraga Kota Bandung. Pagelaran ini disaksikan 300 pelajar yang berasal dari SMKN3, SMAKN 8, SMAKN 4, dan SMAN 8 Bandung, serta turut dihadiri tamu undangan.

Peluncuran perdana siaran Digdaya Bangsa diresmikan Kepala Bidang Programa Siaran RRI Bandung, Darno S. Sos. Program siaran ini, menjadi sebuah proyek perubahan yang digagas kepala seksi programa 1, Agus Purwanto S. Ip M.Si.

Program siaran Digdaya Bangsa adalah program siaran variety show yang dipadu dengan talkshow bertemakan wawasan kebangsaan, guna mengembangkan karakter dan jati diri generasi muda sekaligus memberdayakan masyarakat berdaya saing menghadapi era globasilasi. Untuk peluncuran perdananya, tema yang diusung dalam rangka memperingati hari Pahlawan 10 Nopember 2017, adalah 'Generasi Milenial Berdaya Saing Unggul, Berbudaya Indonesia'. (Nina )






 
 
 
Index
 
 
Copyright 2011-2014, All Right Reserved