Pusat Data dan Informasi Siaran RRI
  Home | Hubungi Kami
    Search  
Kategori Dokumen
KERTAS
FOTO
AUDIO
VIDEO
  Info Pusdatin  
 
 
 
PTQ RRI Turut Mempromosikan “Tahun Kunjungan Wisata Sumenep 2018”
(Jakarta, 26/05/2018)
Pusdatin, Sumenep : Bupati Sumenep A. Busyro Karim menyampaikan terima kasih kepada Radio Republik Indonesia yang telah turut serta memeriahkan dan mempromosikan tahun Kunjungan Wisata Sumenep 2018. Dalam Konferensi pers terkait pelaksanaan Pekan Tilawatil Quran RRI tahun 2018 kepada wartawan, Sabtu (26/5/2018) di Pendopo Agung Keraton Sumenep, Bupati Sumenep menyampaikan keinginannya bahwa Sumenep harus melakukan terobosan agar lebih maju dan dikenal dimana mana, walaupun saat ini wisatawan yang hadir ke Sumenep dalam setiap bulannya telah semakin banyak dan semakin dirasakan manfaatnya bagi masyarakat.

Kabupaten Sumenep memiliki kekayaan alam yang luar biasa, dihuni 1.126.000 penduduk, dan 126 pulau yang dimilikinya. Salah satu pulau memiliki keistimewaan dan keunikan, karena terdapat satu pulau bernama Giliyang yang memilki kadar oksigen terbaik di dunia. Kualitas oksigen yang baik ini membuat penduduk pulau ini berumur panjang bahkan sampai berumur di atas 100 tahun. Walaupun usianya 150 tahun tetepi mereka masih kuat dan sehat untuk melakukan aktivitas layaknya orang-orang usia produktif.

Selain terkenal dengan wisata sejarah, seperti Pendopo Agung Keraton Sumenep yang berusia 258 tahun, Masjid Jamik Sumenep yang usianya hampir 300 tahun, Sumenep juga terkenal dengan kerajinan keris. Pengakuan UNESCO di tahun 2013, jumlah 600 orang pengrajin keris di Kabupaten Sumenep tercatat sebagai yang terbanyak di dunia. Tahun ini pengrajin keris telah mencapai 1.200 orang yang berada di tiga kecamatan.

Selain memiliki wisata sejarah, Sumenap juga memilii wisata air. Wisata air yang ramai saat ini adalah Pantai sembilan di pulau Gili Genting, pantai Lombang, dan Gili Labak bagi wisatwan yang suka olahraga diving.

Menurut A. Busyro Karim, penyelenggaraan PTQ RRI di Sumenep merupakan kegiatan yang juga
akan berdampak terhadap perkembangan perekonomian di Sumenep.

“ Dengan penyelenggaran PTQ RRI dan hadirnya perwakilan dari seluruh Indonesia di Sumenep, maka akan berkumpul orang-orang penting yang mungkin bukan secara pribadi, tetapi mungkin punya teman yang nanti mau menjadi investor di Kabupaten Sumenep”, kata A. Busyro Karim

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama LPP RRI M. Rohanudin menyampaikan, bahwa Sumenep dipilih sebagai kota tempat dilaksanakannya PTQ RRI karena selain memiliki tahun kunjungan wisata, Sumenep juga merupakan representasi pemersatu bangsa. Sumenep mampu membangun kohesi/mempersatukan bangsa, yang ditandai dengan satu desa yang bernama Pabian, di dalamnya terdapat masjid, gereja dan klenteng dan dapat hidup rukun bersama. Hal tersebut merupakan representasi kerukunan umat beragama.

Terkait penyelenggaraan siaran, RRI telah menyiarkan dan mempromosikan kegiatan PTQ di Sumenep baik secara teresterial maupun melalui aplikasi RRI Play yang dapat berjalan pada platform Android dan iOS. Melalui teresterial, siaran Pro 3 RRI dapat menjangkau seluruh Indonesia melalui 97 stasiun dan 222 stasiun relay yang ada di Indonesia. Melalui aplikasi RRI Play, maka siaran RRI juga dapat didengarkan oleh masyarakat melalui perangkat gawainya, baik yang berada di Indonesia maupun di luar negeri, sehingga promosi Kabupaten Sumenep bisa sampai ke mancanegara.

“Sudah 3 bulan berturut-turut RRI mempromosikan Sumenep mulai dari hal-hal yang kecil sampai yang besar. Saat final nanti tidak hanya disiarkan oleh stasiun RRI seluruh Indonesia tetapi juga akan disiarkan oleh Radio Visual "RRI Net" yang akan dilaunching bulan September sebagai representasi dari televisi Radio Republik Indonesia. Radio rasa visual dan ini satu-satunya yang unik di Indonesia”, jelas M. Rohanudin. (diz)



 
 
 
Index
 
 
Copyright © 2011-2014, All Right Reserved