Pusat Data dan Informasi Siaran RRI
  Home | Hubungi Kami
    Search  
Kategori Dokumen
KERTAS
FOTO
AUDIO
VIDEO
  Info Pusdatin  
 
 
 
Eratkan Persaudaraan, Indonesia Malaysia Brunei Buat Program Budaya Tiga Serumpun
(Jakarta, 25/10/2017)
KBRN, Kuala Lumpur : Radio Republik Indonesia (RRI), Radio Televisi Malaysia (RTM) dan Radio Televisi Brunei (RTB) melakukan rapat koordinasi sebagai bagian pembukaan Program Budaya Tiga Serumpun 2017 yang dilaksanakan Selasa (24/10/2017) di RTM Johor Bahru Malaysia.

Program Budaya Tiga Serumpun antara Indonesia, Malaysia dan Brunei Darussalam berlangsung di Johor Bahru sejak tanggal 23 hingga 27 Oktober mendatang.

Perwakilan RRI, Agus Sukoyo menilai kegiatan ini bermanfaat dalam melestarikan budaya dan bahasa Melayu, sekaligus sebagai upaya menjalin persahabatan antar tiga negara.

“Kesempatan ini sangat berharga bagi kami untuk dapat bergabung dalam Tiga Negara Serumpun karena ke depan, kegiatan ini akan sangat bermanfaat. Kami merasa sangat berkepentingan juga untuk Indonesia,” jelas Agus dalam rapat koordinasi, Selasa (24/10/2017).

Dalam lima hari pertemuan RRI-RTM-RTB akan membahas program kerjasama, khususnya dalam bidang penyiaran yang selama ini telah diimplementasikan melalui program acara bulanan.

Ketiga negara juga akan melakukan tradisi berbalas pantun dan meproduksi sebuah drama.

“Salah satu negara tetangga di ASEAN yang bahasanya ada kesamaan (dengan Indonesia) itu Malaysia dan Brunei. Ini sangat bermanfaat untuk dilestarikan, sehingga ke depan akan ada persahabatan yang bisa dijalin terus,” lanjutnya.

Sementara itu Malaysia yang bertindak sebagai tuan rumah untuk penyelenggaraan tahun ini memilih Johor FM sebagai lokasi kegiatan.

Radio lokal Malaysia lain yang turut terlibat antara lain Negeri FM, Melaka FM, Nasional FM dan Radio Kalsik. Serta radio dari kantor pusat yaitu Nasional FM, Classic FM dan RTM International Relations and Coordination Section dan RTM International Relations Section bertindak sebagai sekretariat.

Program budaya tiga negara serumpun RRI-RTM-RTB merupakan kegiatan yang telah dilakukan sejak tahun 1990-an. Dalam pelaksanaannya, Indonesia, Malaysia dan Brunei Darussalam menjadi tuan rumah secara bergantian. (AT/WDA)
 
 
 
Index
 
 
Copyright © 2011-2014, All Right Reserved