Pusat Data dan Informasi Siaran RRI
  Home | Hubungi Kami
    Search  
Kategori Dokumen
KERTAS
FOTO
AUDIO
VIDEO
  Info Pusdatin  
 
 
 
Bintang Radio Warnai Sejarah Perkembangan Musik Indonesia
(Jakarta, 23/11/2015)
PUSDATIN , Jakarta :Radio Republik Indonesia sebagai lembaga penyiaran publik mempunyai kontribusi yang sangat besar dalam perjalanan sejarah musik di Indonesia. Saat itu, seluruh masyarakat Indonesia dapat mengetahui adanya perkembangan lagu – lagu hanya melalui RRI. “ Tidak ada media apapun yang bisa menyebarkan lagu-lagu, kecuali satu –satunya hanya dari RRI,“ jelas Niken Widiastuti, Direktur Utama LPP RRI saat membuka kegiatan Bintang Radio Indonesia & Asean tahun 2015, di Auditorium Abdulrahman Saleh RRI Jakarta, Senin (23/11/2015).

Tokoh – tokoh penyanyi terkenal Indonesia banyak yang lahir dari RRI . Mereka terlahir dari adanya Bintang Radio yang diselenggarakan oleh Radio Republik Indonesia. “Mulai dari Bing Slamet, Titik Puspa, Hetty Koes Endang , Rafika duri , Harvey Malaiholo, Ruth Sahanaya, Rita Efendi dan masih banyak lagi, semua itu adalah jebolah Bintang Radio “, lanjut Niken dihadapan para peserta dan official Bintang Radio Indonesia dan Asean 2015.

Sistem penilaian Bintang Radio dibandingkan dengan acara- acara sejenis yang diselenggarakan oleh TV – TV swasta ataupun media lainnya, sangat jauh berbeda. “ Untuk TV swasta, yang dijadikan tolak ukur adalah SMS yang masuk dari pemirsa. Yang paling banyak dukungan SMS-nya, itulah yang menduduki peringkat teratas,” tambah Niken. Sementara, elemen utama yang menjadi penilaian Bintang Radio, semenjak Bintang Radio pertama kali dilaksanakan dari tahun 1951 sampai dengan saat ini, adalah kualitas vokal secara prima dan ekspresi bernyanyi. Oleh karena itu dewan juri yang nantinya akan memberikan penilaian adalah juri - juri yang sangat kompeten dan mempunyai kualifikasi di bidang musik seperti praktisi musik, penyanyi, komposer, akademisi, dan pengamat musik.

Niken Widiastuti juga menambahkan, bahwa seperti tahun sebelumnya Juara Bintang Radio Indonesia nantinya diberi kesempatan untuk menjajal kemampuannya pada ajang Internasional ABU Radio Song Festival, yakni kompetisi bagi juara bernyanyi di Radio – radio se Asia Pacific. Tahun 2015, ABU Radio Song Festival telah berlangsung di Myanmar, dan untuk tahun 2016 akan dilaksanakan di Korea. ( Nina )


 
 
 
Index
 
 
Copyright © 2011-2014, All Right Reserved